Senin, 28 Maret 2011

Rangkuman Manusia dan Cinta Kasih


RANGKUMAN
MANUSIA DAN CINTA KASIH
Kata cinta kasih terdiri dari dua kata yaitu cinta dan kasih. Cinta adalah ungkapan rasa suka, sayang, dan suka kepada seseorang atau sesuatu hal yang lain. Sedangkan kata cinta kasih adalah perasaan sayang atau menaruh belas kasihan. Berdasarkan pengertian tersebut yang hampir serupa, kata kasih memperkuat kata cinta.
Cinta sangat penting dalam kehidupan manusia. Cinta merupakan awal dari adanya keinginan untuk menikah, keinginan untuk menciptakan hubungan yang erat atau memutuskan hubungan, atau juga dasar bagi seorang ayah atau ibu ibu untuk mengasuh dan membina anak – anaknya. Secara vertikal ke atas rasa cinta juga yang membuat manusia mau melaksanakan perintah dari Tuhan dan menjauhi larangan-Nya.
Menurut Prof Sarlito w. Sarwono, rasa cinta terdiri dari 3 unsur yaitu keterikatan, keintiman dan kemesraan. Keterikatan adalah adanya perasaan hanya untuk bersama dengan dia, tidak mau dengan yang lain. Keintiman adalah adanya kebiasaan – kebiasaan atau tingkah laku yang menunjukkan antara anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi. Kemesraan adalah adanya rasa tidak mau jauh, adanya panggilan sayang, adanya keinginan untuk selalu bersama selamanya, dan lain sebagainya. Cinta yang baik adalah kalau semua unsur seimbang. Antara keterikatan, keintiman dan kemesraan dapat berjalan dan berlangsung dengan seimbang.
Jenis – jenis cinta yang didefinisikan dalam berbagai kitab suci agama yang ada di Indonesia:
1.       Cinta diri
2.       Cinta kepada sesama manusia
3.       Cinta seksual
4.       Cinta kepada benda
5.       Cinta kebapaan
6.       Cinta kepada Allah
7.       Cinta kepada rasul
Kasih sayang sangat dibutuhkan dalam kehidupan setiap pribadi manusia. Hal ini sangat terkait erat dengan kodrati manusia sebagai mahluk sosial.  Manusia sebagai mahluk yang tidak dapat berdiri sendiri dan selalu membutuhkan orang lain. Dalam kehidupan keluarga, kasih sayang sangat dibutuhkan untuk menjalin hubungan yang harmonis antara sesama anggota keluarga. Kasih sayang merupakan buah dari adanya rasa cinta.
Dasar dari meningkatkan rasa kasih sayang tersebut adalah adanya komunikasi yang intens dan bertanggung jawab. Komunikasi ini harus dibangun dengan tujuan untuk dapat menyampaikan pesan dan kesan secara bertanggung jawab dan tidak menyinggung perasaan sesama anggota keluarga.
Ada dua kata yang memiliki arti yang sama hanya ditujukan kepada objek yang berbeda yaitu kemesraan dan pemujaan. Istilah kemesraan lebih cendrung ditujukan kepada sesama manusia sedangkan istilah pemujaan lebih ditujukan kepada sang khalik (ALLAH) , sang pencipta, hyang widhi, atau sesuatu yang lebih berkuasa dalam hidup manusia.
Dalam injil Yohanes, cinta kepada dibagi menjadi tiga yaitu:
1.       Cinta agape yaitu cinta manusia kepada Tuhan
2.       Cinta philia yaitu cinta manusia kepada ibu, bapak dan saudara
3.       Cinta amor/ eros yaitu cinta antara laki – laki dan perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan Masukan dari pembaca sangat kami harapkan