LAYANAN TELEMATIKA
Metode pengamanan layanan telematika:
Layanan keamanan merupakan layanan
yang menyediakanan keamanan informasi dan data. Layanan terdiri dari enkripsi,
penggunaan protocol, dan penentuan akses control. Layanan keamanan
memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi
bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya.Layanan ini
sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah
terhapus atau hilang. Layanan ini juga berfungsi untuk mengurangi tingkat
pencurian dan kejahatan.
Autentikasi yaitu prosedur pengidentifikasian suatu peralatan,
operating system, aplikasi dan user
yang terhubung pada suatu jaringan lokal maupun internet. Tahapan autentikasi berawal
pada saat user login ke suatu jaringan dengan cara memasukkan identitas
pengguna dan password.
Tahapan Autentikasi:
A) Autentikasi untuk mengetahui
lokasi dari peralatan pada suatu simpul jaringan (data link layer dan network
layer);
B) Autentikasi untuk mengenal
sistem operasi yang terhubung ke jaringan (transport
layer);
C) Autentikasi untuk mengetahui
fungsi/proses yang sedang terjadi di suatu simpul jaringan (session dan presentation layer);
D) Autentikasi untuk mengenali user
dan aplikasi yang digunakan (application
layer).
Contoh kasus yang
terdapat dalam kehidupan sehari – hari mengenai gangguan dalam mengakses
layanan telematika:
Dikategorikan dalam empat kategori
utama :
1. Interuption
Suatu aset dari suatu sistem
diserang sehingga menjadi tidak tersedia atau tidak dapat dipakai oleh yang
berwenang.
Contoh kasusnya adalah melakukan
penyerangan terhadap suatu sistem dengan mengirimkan Ddos.
2. Interception
Suatu pihak yang tidak berwenang mendapatkan
akses pada suatu sistem. Pihak yang dimaksud bisa berupa orang, program, atau
sistem yang lain.
Contoh kasusnya adalah seorang
hacker yang dapat masuk ke dalam website suatu perusahaan melalui backdoor.
3. Modification
Suatu pihak yang tidak berwenang
dapat melakukan perubahan terhadap suatu sistem.
Contoh kasusnya adalah melakukan perubahan tampilan suatu website dengan gambar yang isinya menjelekkan perusahaan/ lembaga tersebut.
4. Fabrication
Suatu pihak yang tidak berwenang
menyisipkan objek palsu ke dalam sistem.
Contoh kasusnya adalah seseorang yang melakukan intersepsi terhadap percakapan antara dua orang yang sedang terlibat bisnis dan mengirimkan permintaan pengiriman uang ke salah satu orang yang seakan – akan email itu berasal dari partner bisnisnya.
Perbedaan pengaksesan
layanan telematika antara menggunakan kabel dan menggunakan wifi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saran dan Masukan dari pembaca sangat kami harapkan