Senin, 16 Mei 2011

Rangkuman Manusia dan Keadilan


RANGKUMAN
MANUSIA DAN KEADILAN

Keadilan dalam tindakan manusia adalah kelayakan dalam hidup manusia. Kalayakan diartikan sebagai titik tengah diantara ke dua ujung sektrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem itu menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing – masing orang akan menerima bagian yang tidak sama. Sedangkan pelanggaran terhadap proporsi tersebut berarti ketidakadilan.

Keadilan oleh Plat adalah orang yang mengendalikan diri, dan perasaannya dikendalikan oleh akal.

Keadilan menurut Socrates yaitu keadilan dapat tercipta bilamana warga Negara sudah merasakan bahwa pihak pemerintah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Mengapa harus pemerintah, karena pemerintah adalah pimpinan pokok yang menentukan dinamika masyarakat.

Dalam  dokumen Negara yaitu Pancasila yaitu pada sila yang kelima menyatakan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia. Bung Karno memberikan artinya adanya prinsip kesejahteraan sebagai salah satu dasar Negara. Selanjutnya prinsip tersebut dijelaskan sebagai prinsip tidak ada kemiskina di dalam Indonesia merdeka. Dari usul tersebut adanya pengertian kesejahteraan dan keadilan yang digabungkan. Sedangkan menurut bung Hatta mengisyarakatkan bahwa keadilan social adalah langkah yang menentukan untuk melaksanakan Indonesia yang adil dan makmur.

Untuk mewujudkan keadilan social tersebut perlu mewujudkan sikap dan perilaku yang :
a.    Perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan
b.    Sikap adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak – hak orang lain
c.    Sikap suka member pertolongan kepada orang yang memerlukan
d.    Sikap suka bekerja keras
e.    Sikap menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan Masukan dari pembaca sangat kami harapkan