Senin, 16 Mei 2011

Rangkuman Manusia dan Tanggung jawab


RANGKUMAN
MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya, atau berkewajiban menanggung, memikul tanggung jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai pewujudan keadaran akan kewajibannya.

Tanggung jawab adalah merupakan kodrati manusia. Jika ia tidak mau bertanggung jawab maka ada pihak lain yang akan memaksakan tanggung jawab tersebut

Macam – macam tanggung jawab yaitu:
a.    Tanggung jawab terhadap diri sendiri
b.    Tanggung jawab terhadap keluarga
c.    Tanggung jawab terhdapa masyarakat
d.    Tanggung jawab terhadap bangsa/ Negara
e.    Tanggung jawab terhadap tuhan

Wujud dari tanggung jawab adalah pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih saying, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Sedangkan pengorbanan adalah pemberian sebagai tanda kebaktian tanpa pamrih dapat dirasakan bila kita mambaca atau mendengarkan kotbah agama. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan Masukan dari pembaca sangat kami harapkan