Senin, 16 Mei 2011

Rangkuman Manusia dan Penderitaan


RANGKUMAN
MANUSIA DAN PENDERITAAN
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra yang berarti menanggung atau menahan.  Derita berarti menahan atau menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat berupa lahir atau batin maupun lahir batin.
Intensitas penderitaan ada yang berat ada yang ringan. Semua tergantung bagaimana individu manusia tersebut merasakannya. Suatu peristiwa dapat merupakan suatu penderitaan bagi seseorang dapat juga bagi orang lain bukanlah merupakan suatu penderitaan. Dapat pula penderitaan ini merupakan langkah awal untuk melangkah kepada hal yang lebih baik dalam mencapai kebahagian dan kenikmatan.
Penderitaan akan dialami oleh setiap orang. Hal itu merupakan resiko dari setiap orang. Tuhan di satu sisi memberikan kesenangan dan kebahagian tetapi juga memberikan kesedihan dan penderitaan agar manusia tersebut tidak lupa kepada – Nya. Untuk itu pada umumnya manusia diberikan tanda sebleum ia mengalami penderitaan atau kesedihan itu. Tergantung dari seorang manusia tersebut dapat merespon hal tersebut atau tidak.
Penderitaan fisik yang dialami oleh seseorang dapat diatasi dengan menyembuhkan atau mengobatinya tetapi penderitaan psikis terletak bagaimana orang tersebut dapat kemudian menyelesaikannya. Para ahli atau teman hanya dapat memberikan saran tetapi keputusan terletak di tangan orang tersebut. Mampu atau tidak terletak di tangan orang tersebut. Manusia punya kemampuan untuk memutuskan sesuatu.
Siksaan adalah awal mula sehingga timbullah penderitaan. Siksaan dapat berupa jasmani maupun rohani.
Siksaan yang sifatnya psikis yaitu:
a.    Kebimbangan
b.    Kesepian
c.    Ketakutan

Penderitaan merupakan kodrat dari seorang manusia. Tetapi juga harus terus berjuang agar dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan keturunannya. Manusia akan berjuang melawan penderitaan yang ada, yaitu penderitaan badani maupun jasmani. Hal ini dapat kita lihat bagaimana manusia saat kehujanan menggunakan mantel hujan/ payung agar tidak kena hujan yang dapat berkibat sakit. Namun terkadang, tindakan manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidup tersebut bertentangan dengan hukum alam sehingga menyebabkan terjadi bencana yang lain yaitu banjir dan tanah longsor.

Sebab – sebab timbulnya penderitaan yaitu:
a.    Sebab perbuatan manusia
b.    Timbul karena azab, siksaan dari Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan Masukan dari pembaca sangat kami harapkan